Antisipasi Kecurangan UN, Sekolah Izinkan Pengawas Geledah Tas Siswa- Kuasai Teknologi






BERITA NEWS- Pelaksanaan ujian nasional (UN) kerap diwarnai dengan tindak kecurangan, dari mulai bocoran soal hingga tersebarnya kunci jawaban. Padahal, integritas sangat penting lantaran UN merupakan kesempatan untuk mengukur kemampuan diri. Pada pelaksanaan UN di SMA Negeri 4 Jakarta, pihak sekolah bahkan mengizinkan pengawas untuk menggeledah siswa. 
Pengawas tersebut merupakan guru dari sekolah lain, di antaranya dari SMAN 25 dan SMAN 10 Jakarta. "Tas tidak dimasukkan di ruang ujian, kalau perlu anak-anak kami digeledah," tutur Ketua Panitia UNBK SMA Negeri 4, Tetty Helena, kepada Okezone, Selasa (11/4/2017). Dengan begitu, lanjut Tetty, tidak ada siswa yang membawa telefon genggam ketika ujian. Pihaknya juga melakukan peringatan keras kepada siswa untuk tidak curang. "Kami beritahu bahwa mencontek pelanggaran berat. Apalagi kalau UN itu bisa diberi nilai nol dan dibatalkan ujiannya. Belum lagi akan menjadi pemberitaan di mana-mana. Jadi anak-anak enggan untuk bikin ulah," paparnya. Tetty menambahkan, selama ini sekolah juga sudah ketat dalam mendidik siswa agar jujur dalam ujian. Sebab, jika ketahuan curang saat ulangan atau ujian di sekolah, siswa tersebut mendapat poin 30. 
"Di sisi lain saya juga percaya dengan para siswa. Malah menurut mereka UN jauh lebih mudah daripada try out. Mereka saya tanya rata-rata bisa mengerjakan dengan baik," simpulnya.

Terima Kasih sudah membaca Antisipasi Kecurangan UN, Sekolah Izinkan Pengawas Geledah Tas Siswa. Semoga Bermanfaat!

Tag: