15 Tipe Dosen yang Bakal kita Temuin Saat Jadi Mahasiswa- Kuasai Teknologi



Masa kuliah emang beda banget sama masa SMA, kita dituntut lebih mandiri dan bertanggung jawab sama tugas dan mata kuliah di jurusan yang udah kita pilih. Kalo di SMA guru bakal ngejar-ngejar kita buat nilai di rapot, jangan harap saat kita jadi mahasiswa dosen bakal kayak gitu, justru sebaliknya kita yang bakal ngejar-gejar dosen demi nilai. Nah, kalo sebelumnya Gogirl! udah pernah bahas tipe-tipe mahasiswa di kampus, kali ini Gogirl! bakal bahas tipe-tipe dosen yang bakal kita temuin saat kuliah. Let’s check ‘em out!
1. DOSEN PHP
Kalo waktu SMA jam masuk kita udah terjadwal, kita tinggal dateng pagi, duduk manis, dan nunggu guru dateng, saat kuliah mungkin kita bakal ngerasa dibikin galau sama dosen yang suka PHP. Bilangnya mulai matkul jam 9, udah nunggu berjam-jam dosen baru ngabarin kalo dia nggak bisa ngajar karena ada urusan penting. Rumah kita jauh udah berangkat pagi-pagi ternyata dosennya nggak masuk dan nggak ngabarin. Atau dosen bilang matkul di kelas A, terus tiba-tiba pindah ke kelas B. Kalo ngadepin dosen yang kayak gini kita mesti sabar banget deh yaa.
2. DOSEN BAPERAN

Jangan kira cuma pacar kita aja yang bisa baper kalo ngeliat kita jalan sama orang lain, dosen juga suka baper lho kalo lagi ngajar di kelas. Misalnya, ada mahasiswa yang nggak dengerin waktu dia jelasin malah main handphone atau tidur. Beliau nggak akan negur, tapi bakal bete dan baper karena ngerasa nggak didengerin. Terus dosen ini langsung ninggalin kelas karena salah satu teman kita ada yang kayak gitu dan ngggak mau ngajar di kelas kita lagi. Waaah kalo kayak gini kita harus saling jaga perasaan juga, ingetin temen kita yang hobi ngerumpi atau tidur di kelas supaya lebih menghargai dosen kita yang lagi ngejelasin.
 3. DOSEN BERHATI MALAIKAT

Dosen yang satu ini selalu didoain yang baik-baik nih sama mahasiswa. Beliau nggak pernah marah di kelas dan pengertian banget sama mahasiswanya. Saking sabarnya ada mahasiswa yang tidur di kelas waktu beliau jelasin, nggak di tegur. Kita dateng telat juga nggak apa-apa dan jarang ngasih tugas juga. Dan yang paling penting dosen ini selalu kasih nilai bagus buat mahasiswanya. Waaah baik banget yaa!
 4. DOSEN INVISIBLE
Dosen yang satu ini emang jarang keliatan di kampus. Sekalinya ada paling cuma masuk kelas sebentar, terus ngasih tugas, abis itu pergi deh. Kalo beliau nggak masuk, tugas juga ngalir terus dan wajib dikumpulin. Biasanya dosen ini nitip pesen ke asistennya atau mahasiswa kepercayaannya. But no worries, dosen ini bakal kasih kita nilai bagus asal tugas-tugas yang beliau kasih beres.
 5. DOSEN DISIPLIN

Dosen yang kayak gini harus dicontoh nih guys. Matkul mulai jam 8, jam setengah 8 dia udah sampe kampus. Selalu ontime dan nggak pernah absen, pakaiannya rapi, jadwal perkuliahan serta tugas-tugas terstruktur. Tapi jangan harap bisa masuk kelas ya kalo matkul dosen ini udah mulai, karena biasanya kita nggak diizinin masuk. Nah, makanya kita juga jangan mau kalah sama dosen yang satu ini, tunjukin kalo kita juga bisa bangun pagi dan nggak telat masuk kelas supaya absen kita nggak merah dan nilai kita bagus.
 6. DOSEN PENDONGENG
Jangan lupa minum kopi dulu yaa sebelum dosen yang satu ini masuk kelas hehe. Kenapa? Karena selama 5 jam mata kuliah si dosen bakal cerita terus, bahkan waktunya udah abis juga masih ngomong terus. Semangat ngajarnya patut diacungi jempol tapi udah overtime tetep nggak peka walaupun udah dikasih kode keras sama mahasiswanya. Kadang beliau juga suka curhat colongan di saat lagi jelasin tentang pelajaran. Siap-siap jadi pendengar yang baik yaa hehe semangaat!
 7. DOSEN GAUL
Nggak cuma mahasiswa aja lho yang hobi nongkrong, ada juga dosen yang asyik dan seru buat diajak nongkrong sambil diskusi. Dosen ini masih berjiwa muda dan nggak jaim sama mahasiwanya kalo lagi di luar kelas. Gaya ngajarnya juga serius tapi santai. Nggak jarang dosen ini juga suka ngomong pake bahasa gaul yang nggak formal.
 8. DOSEN MODIS

Emang cuma mahasiswa aja yang bisa tampil cantik dan stylish kalo mau kuliah? Dosen juga ada lho yang merhatiin penampilan banget. Pakaian beliau saat ngajar di kelas sehari-harinya selalu fashionable. Outfit yang dosen ini pake from head to toe biasanya matching. Jago mix and match pakaian dan aksesori yang digunakan. Style-nya bisa jadi inspirasi mahasiswanya juga lho!
 9. DOSEN PROYEKAN
Walaupun udah sibuk ngajar sebagai dosen, ada juga dosen yang aktif buat garap proyek or penelitian. Nah, nggak jarang kalo beliau ada proyek atau penelitian, mahasiswanya diminta buat bantuin. Kalo kita dapet tawaran buat bantu proyekan dosen, terima aja guys. Kita bisa dapet pengalaman, pelajaran, dan kecipratan rejeki juga hehe.
 10. DOSEN IDOLA
Siapa sih yang nggak semangat ngampus kalo dosen yang ngajar cantik or ganteng? Dosen yang kayak gini emang bikin mahasiswanya on fire buat masuk kelas demi memandang wajah sang dosen hahaha. Rela ikut matkul kelas lain karena mau ketemu dosen ini. Boleh-boleh aja sih buat penyemangat kuliah, asal jangan gagal fokus terus yaa guys. Inget tujuan awal kita kuliah buat cari ilmu dan jangan sampe kita ninggalin kelas kita supaya bisa join di kelas lain biar bisa liat dosen yang gateng atau cantik itu duuuh.
 11. DOSEN EKSIS

Always update everytime and everywhere in social media adalah ciri khas dosen yang satu ini. Semua akun sosmed beliau punya. Saat abis ngajar nggak lupa foto sama mahasiswanya terus di upload ke Instagram. Kalo lagi nggak masuk kelas, kita liat Facebook beliau update lagi liburan ke luar negeri. Kalo ada tugas, mahasiswanya diminta post ke sosmed terus di tag ke dosennya dan dinilai berdasarkan banyaknya komen dan likes.
 12. DOSEN PELIT NILAI
“Udah rajin masuk, nggak pernah telat, tugas selalu ngumpulin, kok nilai aku B sih?”. Nggak usah sedih guys karena nggak cuma kita sendiri kok yang dapet nilai segitu, coba aja tanya temen sekelas yang lain, ada yang dapet nilai A nggak? Nah, dosen tipe ini emang pelit nilai alias anti kasih nilai A ke mahasiswanya. Biasanya dosen ini jadi omongan para mahasiswa karena perhitungan nilai. Padahal dosen ini kasih nilai pas-pasan bukan karena nggak suka sama kita atau karena kita malas, tapi emang beliau punya standar penilaian yang tinggi dan agak susah kasih nilai bagus.
 13. DOSEN HUMORIS

 Ini salah satu dosen yang jadi favorit mahasiswa. Kalo ngajar biasanya beliau selalu ngelawak. Dosen kayak gini bikin susasana kelas hidup, mahasiswanya jadi nggak ngantuk dan nggak boring. FYI, dosen humoris ini biasanya justru dosen yang jenius lho, why? karena bikin lelucon itu nggak gampang apalagi harus bisa sesuaiin materi pelajaran dan bikin suasana kelas jadi lebih fun. Walaupun kadang lawakannya garing tetep juara deh pokoknya dosen yang kayak gini!
 14. DOSEN SELALU BENAR

Mr or Mrs Always Right! Kalo kita nemuin dosen macem ini, harus extra sabar yaa. Karena dosen yang satu ini bener-bener nggak mau salah, walaupun emang beliau salah pasti ada aja seribu alesan buat pembenaran. Percuma kalo kita berargumentasi dan nyangkal penjelasannya, dosen ini bakal ngeles supaya nggak keliatan salah. Duuh kurang-kurangin deh yaa Pak, Bu…
 15. DOSEN TUKANG TIDUR

Nggak cuma mahasiswa yang hobinya tidur di kelas kalo dosen lagi jelasin, ternyata ada juga lho dosen yang pelor. Biasanya kalo lagi ngawas ujian, beliau kayak baca koran tapi ternyata tidur. Atau lagi di kelas setelah selesai jelasin dan ngasih tugas, dosen ini duduk di kursi dan nggak sadar ketiduran. Maklum yaa, mungkin beliau abis begadang ngoreksi tugas kita semalam. Mau gimana pun juga kan dosen juga manusia hehe.

Terima Kasih sudah membaca 15 Tipe Dosen yang Bakal kita Temuin Saat Jadi Mahasiswa. Semoga Bermanfaat!